Saturday, May 4, 2013

Mini Mini Tarsius




Tarsius disebut sebagai monyet terkecil di dunia, meskipun satwa ini bukan monyet. Di dunia ini ada 9  jenis tarsius, 7 jenis ada di Sulawesi, Indonesia, dan sisanya  di Filipina. Jenis yang paling terkenal adalah yaituTarsius tarsier (Binatang Hantu / Kera Hantu) dan Tarsius pumilus (tarsius kerdil, krabuku kecil atau Pygmy tarsier). Kesemua jenis tarsius termasuk binatang langka dan dilindungi di Indonesia.

Apa lu liat-liat?

Fakta tentang Tarsius:

1.       Ukuran matanya sangat besar, bahkan lebih besar dibanding ukuran otaknya. Hal ini berfungsi untuk melihat di kegelapan karena tarsius adalah makhluk nocturnal.
2.       Tarsius memiliki kepala yang sangat unik karena bisa berputar 180 derajat ke kiri atau ke kanan seperti burung hantu.
3.       Telinganya juga bisa digerak-gerakkan untuk mendeteksi keberadaan mangsa.
4.       Tarsius memang layak menyabet predikat primata mungil karena hanya memiliki panjang sekitar 10-15 cm dengan berat sekitar 80 gram. Bahkan Tarsius pumilus atau Pygmy tersier yang merupakan jenis tarsius terkecil hanya memiliki panjang tubuh antara 93-98 milimeter dan berat 57 gram. Panjang ekornya antara 197-205 milimeter.

Masyarakat setempat nyebutnya "balao cengke", atau bahasa Indonesianya "tikus jongkok". 

5.       Memiliki ciri fisik yang istimewa, yaitu tulang tarsal yang memanjang, yang membentuk pergelangan kaki mereka sehingga mereka dapat melompat sejauh 3 meter (hampir 10 kaki) dari satu pohon ke pohon lainnya.
6.       Tarsius hidup dari pohon ke pohon, mereka menandai daerah teritorinya dengan urine. Tarsius juga tidak dapat berjalan di atas tanah, mereka melompat ketika berada di tanah.
7.       Sayangnya, mereka sangat sulit untuk dikembangbiakan di luar habitatnya. Bahkan jika ditempatkan dalam kurungan, tarsius akan melukai dirinya sendiri hingga mati karena stres.



No comments:

Post a Comment