Monday, April 29, 2013

Ketahui Orang-orang Sebelum Kamu: Peninggalan dari Jaman Batu

Kalo di tulisan sebelumnya kita udah ngebahas jenis-jenis manusia purba yang ditemui di Indonesia, kali ini kita mau bahas peninggalan mereka. Karena peninggalannya juga banyak, untuk yang sekarang kita bahas peninggalan dari budaya zaman megalithikum dulu ya. Oiya, sebenernya peninggalannya ini juga bukan di Indonesia aja, peninggalan ini ditemui di banyak tempat di seluruh dunia. Mungkin waktu itu emang lagi trend-nya begitu.


Menhir


Menhir adalah batu besar yang didirikan secara vertikal. Fungsinya sebagai tempat penghormatan bagi arwah nenek moyang yang telah meninggal.


Dolmen


Dolmen itu... Ya begitulah. Liat aja bentuknya di gambar, susah dijelasin dengan kata-kata soalnya. Fungsinya sebagai altar persembahan atau tempat sajian.


Sarkofagus


Sarkofagus adalah peti mati atau kuburan, umumnya terbuat dari batu.


Arca



Walaupun bentuknya sama-sama kayak patung, tapi arca bukanlah patung buat pajangan. Tujuan dari arca lebih ke media keagamaan, biasanya untuk memuja Tuhan atau dewa dewi.


Punden Berundak


Punden berundak fungsinya sama kayak menhir, yaitu sebagai tempat pemujaan. Bentuknya batu seperti bangunan bertingkat-tingkat. Candi Borobudur juga termasuk punden berundak lho.



Waruga



Waruga fungsinya juga sama kayak sarkofagus, cuma bedanya bentuknya kubus atau bulat (itu menurut buku sejarah yang kita baca). Sedangkan versi Wikipedia menyatakan kalau waruga itu makam leluhur orang Minahasa yang terbuat dari batu dan terdiri dari dua bagian. Bagian atas berbentuk segitiga seperti bubungan rumah dan bagian bawah berbentuk kotak yang bagian tengahnya ada ruang.


Begitulah... Sekian tentang benda-benda peninggalan jaman batu besar. Semoga bermanfaat.




Sumber: Buku Sejarah untuk SMA dan MA Kelas X dan Wikipedia.
Foto
Foto
dan foto-foto dari Wikipedia lainnya.

No comments:

Post a Comment