Tuesday, April 16, 2013

SBBBK: Kata Depan di, ke, dan dari


Apakah kamu sering melakukan kesalahan berikut?


Di dunia ini, sering banget ditemui penggunaan kata di yang salah, contohnya kayak gini:

         Saya di tinggal teman saya waktu saya makan direstoran. 

Emang yang begitu salah ya? Terus, yang bener gimana? Nah, ayo sini, baca dulu...


Hallo!
Konde punya jadwal baru nih, namanya Selasa Belajar Bahasa Bersama Konde (SBBBK). Sebelom kamu protes tentang penggunaan bahasa kita yang berantakan dan ga sesuai EYD, ada baiknya diketahui kalo kita nulisnya pake bahasa sehari-hari gini karena kita sesuaikan pembacanya ke anak muda, ya seperti kamu-kamu ini. Pake bahasa yang ringan aja udah pada males baca, apalagi kalo kita nulisnya pake bahasa skripsi.

Eh tapi nulis berantakan gini bukan berarti kita ga peduli sama bahasa Indonesia. SBBBK diperuntukkan bagi kamu yang mungkin butuh pencerahan buat tulisan skripsi, atau yang mau ujian bahasa, atau yang lagi iseng aja, ya pokoknya semoga berguna!

Untuk SBBK kali ini kita mau bahas penggunaan kata depan di, ke, dan dari. Kita juga mau ngebahas gimana orang-orang sering kebalik ngebedain kata depan di dan ke dengan imbuhan di- dan ke-.
Kata depan dike, dan dari ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya, kecuali dalam gabungan kata yang sudah dianggap sebagai  satu kata seperti kepada dan daripada. (Sumber: Lamuddin Finoza, Komposisi Bahasa Indonesia, 2009) 
Gampangnya, kata depan dike, dan dari digunakan untuk menunjukkan keterangan tempat. Misalnya:
         Saya tinggal di rumah ini.
         Ibunya sedang ke luar kota.
         Susilo berasal dari alam sana.
     
Sedangkan untuk imbuhan, di- (juga berlaku untuk me- dan ter-) digabung dengan kata aslinya. Misalnya:
        Rambutnya disisir ke atas.
        Hatinya terombang-ambing menunggu jawaban cintanya.

Ada juga nih kasus yang kita temui seperti pada contoh:
               
               
               
Udah nemu salahnya dimana?
Ya, betul sekali. Salahnya di kata ke tagihan. Ke yang dipisah sebenarnya menunjukkan keterangan tempat. Agak bingung kan bacanya, ke tagihan. Tagihan itu tempat apa? Ada dimana? Padahal sebenarnya ke yang dia maksud di atas itu adalah imbuhan ke- untuk membuat kata ketagihan.

Gampang kan?

Contoh lagi:
    Saya di tinggal teman saya waktu saya makan direstoran.

Kalimat di atas salah. Lalu kalimat yang benar adalah saya ditinggal teman saya waktu saya makan di restoran.


Oke segitu dulu ya. Semoga membantu!

No comments:

Post a Comment