Saturday, April 13, 2013

Sedikit Tentang Badak Jawa




Di antara sekian banyak hewan yang masuk IUCN Red List, Badak Jawa adalah salah satu yang paling kritis terancam punah (critically endangered). Badak ini kemungkinan adalah mamalia terlangka di bumi. Di Taman Nasional Ujung Kulon diperkirakan hanya hidup sebanyak 40-50 badak. Populasi badak Jawa di alam bebas lainnya berada di Taman Nasional Cat Tien, Vietnam dengan perkiraan populasi tidak lebih dari delapan pada tahun 2007.


Berkurangnya populasi badak jawa diakibatkan oleh perburuan untuk diambil culanya, yang sangat berharga pada pengobatan tradisional Tiongkok, dengan harga sebesar $30.000 per kilogram di pasar gelap. Berkurangnya populasi badak ini juga disebabkan oleh kehilangan habitat, yang terutama diakibatkan oleh perang, seperti perang Vietnam di Asia Tenggara juga menyebabkan berkurangnya populasi badak Jawa dan menghalangi pemulihan.

Badak Jawa dapat hidup selama 30-45 tahun di alam bebas. Mereka adalah hewan herbivora dan makan bermacam-macam spesies tanaman, terutama tunas, ranting, daun-daunan muda dan buah yang jatuh.  Badak diperkirakan makan 50 kg makanan per hari. Badak dewasa tidak memiliki hewan pemangsa sebagai musuh. Badak jawa biasanya menghindari manusia, tetapi akan menyerang manusia jika merasa diganggu. Jadi, jangan reseh ya ganggu-ganggu badak.

No comments:

Post a Comment